Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Usus Anda

Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Usus Anda

Mengapa Menjaga Kesehatan Usus Sangat Penting Untuk Anda



Mengapa kesehatan usus sangat penting? Dan makanan apa yang baik untuk kesehatan usus? Dapatkan jawabannya di blog Mulai Hidup Sehat sehingga usus anda sehat.

Berkat 40 trilyun bakteri yang terus-menerus bekerja keras, usus Anda membantu dalam menguatkan seluruh bagian tubuh Anda.

Mengapa Kesehatan Usus Penting untuk Tubuh dan Pikiran Anda ?
Usus terdiri dari sebagian besar mikroba yang memengaruhi fisiologi Anda serta menjaga tubuh dan otak Anda berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya.

Seperti yang dikatakan oleh penelitian, mikroba usus bisa mepengaruhi cara Anda menyimpan lemak, bagaimana Anda menyeimbangkan kadar glukosa dalam darah Anda, dan bagaimana Anda merespons hormon yang membuat Anda merasa lapar atau kenyang.

Para ilmuwan juga menemukan bahwa bakteri usus menghasilkan neurotransmitter yang mengatur suasana hati Anda termasuk serotonin, dopamin, dan GABA.

Para peneliti juga menemukan bahwa sistem saraf di usus Anda atau dikenal sebagai "otak kedua" berkomunikasi dengan otak di kepala Anda. Ini juga berperan dalam penyakit tertentu dan kesehatan mental. Dengan kata lain, kesehatan tubuh dan otak Anda bergantung pada kesehatan usus Anda.

Bakteri baik sering disebut "bakteri usus" yang sehat. Bakteri usus yang baik membantu tubuh Anda mencerna dan menyerap nutrisi, mensintesis vitamin tertentu, dan melawan penyakit, seperti flu dan karsinogen pembentuk racun.

Jadi bagaimana Anda bisa menjaga sistem pencernaan Anda tetap baik dan berfungsi secara optimal? Makanan apa yang baik untuk kesehatan usus?

Makanan yang Anda makan dapat membantu atau justru dapat merusak untuk Usus Anda.
Dalam hal menjaga kesehatan usus Anda pada tingkat yang paling sehat, tidak ada yang lebih penting daripada apa yang Anda makan dan minum.

Lingkungan internal usus Anda ditentukan oleh apa yang Anda masukkan ke dalam mulut Anda sehingga makanan yang Anda pilih untuk dimakan adalah komponen penting dalam menjaga kesehatan usus.

Hebatnya, tubuh Anda dapat membuat mikrobiota baru hanya dalam 24 jam, hanya dengan mencerna makanan yang Anda makan.

Apa yang Anda makan menentukan bakteri mana yang tumbuh dalam usus Anda. Dan penelitian memberi tahu kita bahwa "bakteri usus" yang baik semakin kuat ketika diberi makan makanan nabati yang beragam.

Sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam jurnal The Proceedings of Nutrition Society menemukan bahwa sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan sangat bagus untuk menjaga kesehatan usus anda. Tetapi daging, junk food, susu, dan telur sangat tidak baik untuk kesehatan usus anda.

Probiotik dan Prebiotik: Dua Senyawa Sehat Usus
Dua istilah ini, probiotik dan prebiotik semakin dikenal luas, jadi Anda mungkin pernah mendengarnya.

Probiotik adalah bakteri usus yang baik dan bermanfaat. Dan prebiotik adalah makanan bagi bakteri ini.

Anda bisa mendapatkan probiotik dan prebiotik dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Probiotik ditemukan dalam makanan fermentasi, juga dalam beberapa suplemen. Dan prebiotik ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian tertentu.

Sekitar 97% orang Amerika mendapatkan setidaknya jumlah protein yang direkomendasikan. Tetapi hanya sekitar 3% orang Amerika mendapatkan 40 gram serat yang mereka butuhkan per hari dan serat adalah bahan yang paling penting untuk kesehatan usus.

Serat memberi makan bakteri baik, jadi sangat penting untuk makan makanan kaya serat sesering mungkin.

Mikroba mengekstrak energi serat, nutrisi, dan vitamin, yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, dan melindungi dari obesitas.

Bersihkan Sistem Anda
Ada dua jenis serat yaitu : serat larut dan tidak larut.

Serat larut membantu menurunkan kadar glukosa darah dan kolesterol. Anda dapat menemukannya di oatmeal, polong-polongan, dan beberapa buah dan sayuran.

Serat tidak larut, di sisi lain, menawarkan lebih banyak efek pembersihan pada pencernaan Anda. Serat tidak larut banyak terkandung dalam biji-bijian utuh, kacang merah, dan dalam buah-buahan dan sayuran juga.

Serat Membantu Mencegah Salah Satu Gangguan Usus Paling Umum
Serat juga berperan dalam salah satu penyakit pencernaan paling umum di seluruh dunia yaitu divertikulitis ( radang usus ).

Menurut sebuah studi tahun 1998 yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition, mengonsumsi makanan kaya serat tidak larut bisa mengurangi risiko divertikulitis atau radang usus hingga 40%.

Makanan fermentasi juga bisa menjadi komponen kunci dari diet yang memicu kesehatan usus. Makanan-makanan ini memberi Anda mikroorganisme hidup yang sehat untuk mengeluarkan bakteri yang tidak sehat, meningkatkan penyerapan mineral, dan mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Fermentasi adalah proses yang telah ada selama berabad-abad. Cara kerja singkat dari fermentasi, yaitu bakteri atau ragi ditambahkan ke makanan tertentu, dan mereka memakan gula alami. Mikroorganisme ini menciptakan asam laktat atau alkohol, yang membantu mengawetkan makanan. Mereka juga membuat probiotik dan senyawa bermanfaat lainnya.

Hebatnya, proses fermentasi juga menambahkan nutrisi tambahan untuk makanan.

Makanan Fermentasi Sehat yang Mungkin Anda Sukai :


  • Tempe 


Makanan kedelai yang difermentasi ini menjadi lebih mudah ditemukan belakangan ini, dengan semakin banyak restoran menawarkannya pada menu mereka dan lebih banyak toko menyimpannya di rak.

Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Jurnal Mikrobiologi Polandia menunjukkan bahwa tempe dapat meningkatkan bakteri sehat, termasuk Lactobacillus.

Namun, tidak seperti kebanyakan makanan fermentasi, tempe harus dimasak matang sebelum dimakan. 


  • Acar 


Tidak semua makanan acar difermentasi. Acar yang baik adalah tetap menggunakan sayuran segar untuk memastikan semua nutrisi tetap terjaga.


Makanan Terbaik untuk Kesehatan Usus


Selain makanan fermentasi, apa yang seharusnya Anda makan untuk kesehatan usus yang lebih baik?


  • Brokoli





Tidak semua orang menyukai sayuran brokoli, tetapi manfaat kesehatannya tidak bisa dipungkiri. Brokoli sangat bagus untuk usus anda.


  • Asparagus


Kaya akan prebiotik, asparagus baik untuk Anda dan juga rasanya lezat. Asparagus juga kaya akan inulin. 

Makanlah asparagus yang dikukus, ditumis, dipanggang, atau dicincang mentah dalam salad.


  • Rumput Laut


Rumput laut bukan rumput liar. Mungkin akan lebih tepat disebut "permata laut" karena manfaatnya yang kaya nutrisi dan serat.

Sebuah penelitian terhadap wanita Jepang menunjukkan bahwa asupan rumput laut yang tinggi meningkatkan bakteri usus yang baik. Studi lain meneliti alginat, suatu zat yang terkandung didalam rumput laut coklat, dan menemukan bahwa alginat dapat memperkuat lendir usus, memperlambat pencernaan, dan membuat makanan melepaskan energinya lebih lambat.


  • Pisang


Pisang banyak mengandung kalium dan magnesium, yang dapat membantu melawan peradangan. Sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam jurnal Anaerobe menunjukkan bahwa pisang dapat mengurangi kembung dan bagus untuk menurunkan berat badan. Pisang juga bagus untuk kesehatan usus.


  • Apel


Apel adalah buah yang tinggi akan serat. Sebuah penelitian tahun 2014 yang dipublikasikan dalam Food Chemistry menemukan bahwa apel hijau bermanfaat untuk meningkatkan bakteri usus yang baik.


  • Bawang Putih




Sebuah studi pada tahun 2013 yang diterbitkan dalam Food Science and Human Wellness menemukan bahwa bawang putih bisa meningkatkan pembentukan mikroba usus yang baik. Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih juga dapat membantu mencegah beberapa penyakit pencernaan.

Jadi itulah beberapa makanan yang baik untuk usus anda. 
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment